Halo selamat datang kembalidi blog saya, kali ini saya akan membagikan postingan tentang Bahasa Pemograman Java mengenai Object dan Class, silahkan Kunjungi postingan saya sebelumnya disini.
Objek dan Class Pada JAVA
Objek
Kesatuan entitas (benda), baik baik yang berwujud nyata ataupun
hanya suatu system/konsep
yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.
Class
Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan
kata lain sebuah
Class menggambarkan ciri ciri objek secara umum. Sebagai
contoh Suzuki Smash, Yamaha
VegaR, Honda Suprafit, dan Kawasaki KazeR merupakan
objek dari Class sepeda motor. Suzuki
Smash dan objek lainnya juga memiliki
kesamaan atribut (merk, tipe, berat, kapasitas
bensin, tipe mesin, warna, harga)
dan method untuk mengakses data pada atributnya
(misal fungsi untuk
menginputkan data merk, tipe, berat, dsb serta fungsi untuk mencetak
data merk,
tipe, berat, dsb).
Contoh :
Atribut
Atribut merupakan nilai data yang
terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes
merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Method
Apa saja yang dapat dilakukan /
dialami oleh suatu objek, jika bersifat static berarti dilakukan
oleh semua
objek dalam kelas tersebut.
Sintaxs untuk membuat method :
Contoh :
This digunakan untuk membedakan variabel yang
dideklarasikan pada parameter di dalam
method dengan variabel yang
didekralasikan pada class. Perhatikan keyword “this” di
bawah ini (lihat pada
class SepedaMotor) :
Untuk membedakan variable merk pada parameter dan variabel
merk pada atribut dari
class SepedaMotor, digunakanlah keyword “this”. Sehingga
untuk menggunakan atribut
merk pada class SepedaMotor, digunakan :
Access Modifier
Yang dimaksud dengan access modifier
adalah pengaturan hak akses class maupun method.
Ada 4 akses yang
tersedia, yaitu default, public, protected, private. Untuk lebih jelasnya,
silahkan lihat kedua table berikut ini :
Instance of Class
Objek yang di instan atau dibuat dari class.
Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari
keyboard ada 2 cara, yaitu :
1.
Input dari mode console, yaitu dengan
memanfaatkan class BufferedReader
dan InputStreamReader.
Untuk bisa mengakses class
BufferedReader maka perlu mengimpor
dari packagejava.io.* dan
menambahkan statemen throws IOException pada
header method
main.
2.
Inputan dengan memanfaatkan
class JOptionPane.
Untuk bisa menggunakan class
JOptionPane, maka perlu mengimpor
dari packagejava.swing.* dan
gunakan method showInputDialog() yang terdapat
pada class
JOptionPane.
Java Documentation
Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh
java yang
berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk
digunakan.
PostTest Modul 2 PBO Universitas Kuningan
1. Buatlah Program penerapan class, object,atribut,method dengan class/object yang lain.
Source code PersegiPanjang.java
Source code keliling PersegiPanjang.java
2. Membuat Program Aritmatika Balok dengan nilai panjang, lebar dan tinggiya diinputkan.
Source Code Balok
Hasil Running
Referensi:
Modul PBO Univeritas Kuningan 2018
0 komentar:
Posting Komentar