Selasa, 01 Januari 2019

Construktor pada Java





Halo selamat datang kembalidi blog saya, kali ini saya akan membagikan postingan tentang Bahasa Pemograman Java mengenai Construktor, silahkan Kunjungi postingan saya sebelumnya disini.



 Construktor pada Java

CONSTRUCTOR 
Construktor adalah method yang secara otomatis dipanggil/dijalankan pada saat sebuah class diinstasi. Jika dalam sebuah class tidak terdapat constructor maka secara otomatis Java akan membuatkan sebuah default constructor. Nama constructor harus sama dengan nama class dan tidak boleh memiliki tipe return value. Sama halnya dengan method, constructor dapat memiliki satu atau banyak parameter maupun tanpa parameter.Constructor biasanya digunakan untuk memberi nilai awal dari atribut-atribut class tersebut. 
Contoh :

Multiple Constructor

Java tidak membatasi jumlah constructor dalam satu class, sehingga memungkinkan sebuah class memiliki lebih dari satu constructor. Multiple constructor adalah adanya lebih dari satu constructor untuk sebuah class. Yang membedakan antara satu constructor dengan constructor lainnya adalah pada parameternya( nama constructornya sama).

Contoh :
Function Overloading
Overloading adalah diperbolehkannya dalam sebuah class memiliki lebih dari satu function yang serupa (nama function-nya sama) tetapi deklarasi-deklarasi parameternya berbeda.
Contoh :

Post Test Modul 4 PBO Universitas Kuningan





Buatlah Program Construktor dengan case studi yang berbeda.
Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaFilmLisna.java
Source Code FilmLisna.java
Hasil running  :
 

Referensi:
Modul PBO Univeritas Kuningan 2018


0 komentar:

Posting Komentar