Selasa, 01 Januari 2019

POLIMORPHISM Pada Java







Halo selamat datang kembalidi blog saya, kali ini saya akan membagikan postingan tentang Bahasa Pemograman Java mengenai Polimorphism, silahkan Kunjungi postingan saya sebelumnya disini.



 POLIMORPHISM Pada Java

Polymorphism mempunyai makna sesuatu yang memiliki banyak bentuk, yaitu memiliki nama sama, tetapi memiliki kelakuan (behavior) yang berbeda.


Perhatikan gambar diagram diatas!
Class Bentuk yang merupakan class induk(superclass) dari class Lingkaran, Elips dan Segitiga mempunyai method gambar() dan hapus(). Class-class anak (subclass) juga mempunyai method gambar() dan hapus(). Meskipun keempat class tersebut mempunyai nama method yang sama, tetapi isi (source code/yang dilakukan/output) dari masing-masing method tersebut berbeda.
Jika kita menginginkan sebuah objek yang dapat memanggil setiap method(yaitu method gambar & hapus) yang ada pada setiap class (pada superclass maupun subclass). Maka gunakanlah teknik Polymorphism. Polymorphism hanya berlaku pada method dan tidak berlaku untuk atribut.
Untuk mendapatkan operasi polymorphism dari suatu method, maka method tersebut haruslah merupakan method yang ada di class induk (lihat diagran diatas bahwa method gambar() dan hapus(), selain terdapat di class-class turunan class Bentuk, juga terdapat di class Bentuk).

Post Test Modul 6 PBO Universitas Kuningan

Buatlah Program Polimorphism dengan case studi yang berbeda  
Buat File Empity Java File Baru. Setelah itu Kemudian berinama class namenyaPosturtubuh.java
Source Code Posturtubuh.java

Buat File Empity Java File baru, class namenya Polimorphism.java

Source Code Polimorphism.java
Hasil running  :




Referensi:
Modul PBO Univeritas Kuningan 2018

 


0 komentar:

Posting Komentar