Minggu, 18 Maret 2018

HTML Lanjutan (Link, List dan Tag HTML Untuk Tabel) 2

Halo selamat datang kembalidi blog saya, kali ini saya akan membagikan postingan tentang HTML Lanjutan 2 mengenai Link, List dan Tag Tabel, silahkan postingan saya sebelumnya tentang HTML Dasar dan Perintah-Perintah Dasar HTML. 

 
    Link (sebutan singkat dari Hyperlink text ) adalah suatu metode yang digunakan dalam HTML untuk membuat hubungan antara halaman yang terdapat dalam suatu situs web.
Bentuk Umum : <a herf="Link yang dimaksud"> Nama text Link </a>.

    List adalah bagian text didalam dokumen yang berisi daftar item dari suatu kelompok atau grup tertentu. HTML menyediakan beberapa tag khusus yang dapat digunakan untuk menangani kasus pembuatan List  dengan beranekaragam bentuk, bahkan daftar bersarang (nested list). Dalam dokumen HTML, tipe daftar dibedakan menjadi tiga ,yaitu: 
a. Daftar Tidak Terurut <ul>
b. Daftar Terurut <ol>
c. Daftar Definisi <li>  

Mari kita Coba Seperti Contoh berikut Ini:

 

Kita akan membuat Hyperlink seperti diatas antaranya adalah Beranda, Biodata dan Nilai, sebelumnya Kalian harus mempersiapkan dulu Biodata dan Nilai, bisa di cek di HTML Dasar dan HTML Lanjutan 1.

     Selanjutnya kita akn membuat Syntaxnya seperti ini:



Seperti Biasa kita buat Kop atau Header seperti gambar di atas, jika belum tau bisa anda cek di HTML Dasar  .

      Kita buat Table dengan dua baris dan 3 kolom, ikuti perintah 
<td width="280" height="250" rowspan="2">
        <ul>
            <li><a href="Belajar Hyperlink">Beranda</a></li>
            <li><a href="Biodata.html">Biodata</a></li>
            <li><a href="Nilai.html">Nilai</a></li>
        </ul>
    </td>

dengan menyatukan kedua baris menggunakan perintah Rowspan="2" dan untuk ukuran kolom menggunakan perintah widht="280", height="250" . Untuk  membuat sebuah daftar kita membutuhkan perintah <ul></ul> dan untuk daftar definisi didalam sub <ul> kita memberikan perintah <li></li>. Agar kita bisa melakukan Hyperlink kita membutuhkan perintah <a herf="Link Yang dituju">Nama Daftar</a> dan untuk daftar yang lainnya pun menggunakan perintah yang sama.

    Untuk Kolom Yang berikutnya ikuti perintah
<td width="250" height="200" align="center"><font size="10">Belajar Hyperlink</td></font>
    Widht, hight digunaka untuk menentukan ukuran dari kolom yang kita buat, lalu align="center" digunakan untuk memberikan text rata tengah dan font size digunakan untuk memberikan ukuran terhadap tulisan atau text yang kita tulis. Kolom selanjutnya juga merupakan perintah yang sama dengan yang sebelumnya.

Sekian Postingan Saya Kali Ini, Semoga bermanfaat, dan jangan Lupa selalu pantengin updatean postingan saya mengenai Pemograman Web. Terimakasih
 

0 komentar:

Posting Komentar